Sabtu, 13 Juli 2013

 
 
Sekarang ini suhu udara Korea semakin tinggi . Oleh karena itu saat ini di Korea sering kelihatan rumah makan yang menyediakan masakan yang sesuai dengan musim panas. 
 
Di antaranya Naengmyeon paling terkenal dan disukai oleh masyarakat Korea sebagai masakan musim panas. Karena Naengmyeon sangat dingin. Kalau Naeangmyeon, boleh diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai mie dingin. Sebenarnya Naengmyeon masakan dari Korea utara. Di daerah itu masakan ini biasanya dimakan pada musim dingin. Mie Naengmyeon dibuat dari soba (sejenis gandum) dan sangat tipis dan juga keras. Cara masaknya tidak begitu berbeda dengan masakan mie yang lain. Untuk Naengmyeon ada dua macam cara untuk memasaknya. Naengmyeon kuah dan Naengmyeon campur dengan saus pedas dan manis. 
 
Biasanya Naengmyeon kuah disebut dengan Naengmyeon Pyungyang karena berasal dari kota Pyungyang, Korea utara sedangkan Naengmyeon campur saus pedas dan manis disebut dengan Naengmyeon Hamheung karena dari kota Hamheung, Korea utara. Karena kedua Naengmyeon ini memiliki rasa khas masing-masing, lebih baik kita mempelajari satu per satu. Untuk kali ini kita akan mencoba memasak Naengmyeon kuah, Pyungyang Naengmyeon.
 
Bahan-bahan Naengmyeon kuah untuk 4 orang
350 g mie Naengmyeon
200 g daging sapi
1 batang daun bawang
4 biji bawang putih
1/2 bawang bombay
1/2 sdm bubuk cabe merah halus
1/2 buah ketimun
1/4 lobak
2 butir telur ayam yang matang dan dibelahkan
sedikit garam

Bahan untuk kuah
6 gelas kaldu sapi
6 gelas air yang didinginkan setelah dididih
3 sdm cuka
2 sdm gula pasir
1 sdm mostar
garam secukupnya

Rebuslah daging sapi dengan bawang bombay, daun bawang dan bawang putih. Setelah daging sapi matang , daging diiris dan kuahnya disimpan dalam kulkas supaya menjadi dingin.
 
Setelah kuah menjadi dingin, campurlah dengan 6 gelas air dan bumbu-bumbu lain yang disiapkan.
Setelah bersihkan ketimun, potong tipis miring panjang lalu campur denga garam.
Potonglah lobak dengan tipis dan dicampurkan dengan gula pasir, cuka, garam dan bubuk cabe halus hingga lobak berwarna merah muda.

Rebuslah mie dalam air yang sedang mendididih sambil diaduk selama 2 menit lalu bersihkan dengan air dingin beberapa kali kali kemudian disaringlah.

Taruh mie dalam mangkuk saji dan tuangkan kuah hingga 2/3 tinggi mangkuk. Atur di atasnya daging sapi, ketimun, lobak dan telur.

Sajikan dalam keadaan dingin.

Barangkali anda dapat menikmati mie yang lain dengan yang anda makan selama ini. Rasa dingin Naengmyeon ini akan menghilangkan rasa panas dalam musim panas dan boleh juga mengembalikan nafsu makan anda.



http://inisajamo.wordpress.com/cita-rasa-korea/

0 komentar:

Poskan Komentar