Kamis, 18 Juli 2013

 Yuk Kenali Penyakit Hypnolepsy yang Diderita G.O MBLAQ!

Dalam variety show 'All The Kpop' salah seorang member boyband MBLAQ, G.O mengungkapkan bahwa dirinya mengidap hypnolepsy. Sang main vocal ini  sering tiba-tiba memiliki keinginan untuk tidur. Bahkan keinginan tidurnya ini tidak terkontrol.

Dirinya mengungkapkan bahwa ada saat dimana ia tertidur nyenyak ketika sedang bernyanyi, mendengarkan musik atau melakukan hal lainnya. Tapi sebenarnya jenis penyakit apa yang di derita oleh pria bernama lengkap Jung Byeong Hee ini?

Dilansir dari medicinenet.com, hypnolepsy adalah sebuah gangguan neurologis yang ditandai dengan dorong untuk tidur secara mendadak dan terjadi berulang. Penyakit ini juga dikenal dengan nama narkolepsi. Di Amerika, 125.000 orang di estimasi menderita gejala ini.  Karakteristik yang menonjol dari penyakit ini adalah rasa ngantuk yang berlebihan di siang hari walau sudah tidur malam dengan cukup.

Dikutip dari news-medical.net, biasanya terdapat 4 gejala klasik pada penderita penyakit ini. Pertama disebut EDS atau perasaan ngantuk yang berlebihan. Kedua, katapleksi yaitu suatu gejala dimana otot melemas secara mendadak. Keadaan ini bisa dipicu oleh keadaan emosi berlebihan, tiba-tiba merasa sedih ataupun gembira.

Ketiga, paralisis atau kelumpuhan tidur merupakan kelumpuhan otot volunteer secara umum yang terjadi pada waktu awal tidur. Dan yang terakhir adalah hypnopompic atau kondisi mimpi yang menyusup ke alam sadar kemudian berubah menjadi halusinasi dan tertidur.

Penyebab spesifik penyakit ini belum diketahui secara pasti. Namun, para ilmuwan menyebutkan hypnolepsy dapat terjadi karena kondisi genetik tertentu. Dalam teori psikodinamik dijelaskan bahwa hypnolepsy disebabkan karena ketidakmampuan psikologis individu untuk mnyesuaikan diri.

Begitulah penjelasan penyakit hypnolepsy . Semoga penyakit yang diderita G.O bisa segera terobati ya



CR:dreamersradio

0 komentar:

Poskan Komentar