Kamis, 11 Juli 2013




Cuaca di Korea sekarang ini panas sekali. Udara panas ini mungkin akan berlangsung sampai pertengahan bulan Agustus. Sebagian masyarakat Korea telah pergi berlibur untuk menghindari cuaca panas dan sebagian lain sedang asyik merencanakan pejalanan liburan musim panas.


Masyarakat Korea yang tidak tahan terhadap cuaca panas karena mengalami hal itu hanya selama 2 bulan saja dalam setahun selalu memikirkan dan mencari cara untuk mengatasi rasa panas itu. Mereka membeli berbagai alat yang dapat menghilangkan rasa panas, pergi berlibur ke tempat sejuk, dan kadang-kadang mencoba melupakan rasa panas melalui masakan.

Oleh karena itu pada musim panas masyarakat Korea ramai ke restoran yang menjual Naengmyun atau mie dingin. Kuah mie dingin itu cukup untuk meghilangkan rasa panas. Selain itu satu makanan dari es juga digemari oleh orang Korea. Masakan itu adalah Patbingsu.

Patbingsu agak mirip dengan es teler di Indonesia. Masakan ini digolongkan sebagai makanan untuk cuci mulut atau makanan jajan. Sebenarnya Bingsu berarti air es. Sesuai dengan bahan-bahan nama masakan ini dapat berubah. Misalnya, bila digunakan kacang merah, namanya Patbingsu, kalau digunakan buah-buahan, namanya adalah Gwailbingsu, dan kalau digunakan teh hijau, menjadi Nokchabingsu. Tentu masakan ini sangat dingin. Pada musim panas mungkin masyarakat Korea lebih suka memakan Patbingsu ini daripada makan nasi.

Bahan-bahan Patbingsu untuk 4 orang
200g es batu
50g Friut Coktailyang di kaleng
1/2 gelas susu manis yang kental
1/4 gelas susu cair yang tawar
sedikit kue beras kentan atau moci
sedikit buah cheri
30 g kacang merah
30 g gula pasir
sedikit garam

Kalau bahan-bahan sudah disiapkan, mari kita coba membuat Patbingsu.
Setelah membersihkan kacang merah direbs dalam air yang cukup banyak.
Kalau kacang merah menjadi lunak masukkan gula pasir dan garam lalu masak sampai airnya habis.
Tuangkan susu cair ke dalam mangkuk es krim dan masukkan es yang digiling halus.
Teteskan susu manis lalu aturlah kacang merah, fruit coktail, dan kue beras kentan di atas es.
Hiaslah dengan buah cheri.




 http://inisajamo.wordpress.com/cita-rasa-korea/

0 komentar:

Poskan Komentar