Minggu, 14 Juli 2013


 


Jika membicarakan musim, masyarakat Korea tidak pernah meninggalkan makanan. Karena setiap musim menghasilkan makanan khasnya dan menyantap makanan itu merupakan salah satu kegembiraan bagi mereka.

Biasanya ada banyak jenis makanan untuk musim bunga yang memiliki rasa asam. Rasa asam itu dapat merangsang nafsu makan penyantap dan sangat sesuai dengan masakan dari sayur-sayuran yang tumbuh banyak di musim bunga. Selain itu rasa asam dapat membatu untuk menghilangkan rasa ngantuk yang sering dialami masyarakat Korea pada siang hari musim bunga. Seperti masakan-masakan di negara lain cuka biasanya dipakai untuk membuat rasa asam dalam makanan Korea. Selain itu cuka selalu dipakai dengan gula jadi masakan tentu berasa asam dan manis.


Nah, kali ini kami mau memperkenalkan sebuah masakan yang memiliki rasa asam dan manis. Namanya Golbaengimuchim. Golbaengi adalah salah satu jenis kerang berukuran relatif besar dan dagingnya cukup keras. Biasanya kerang Golbaengi ini dimasak dengan bumbu cuka, gula, dan Gochujang atau taujo cabe merah sehingga memiliki rasa pedas, manis, dan asam. Dan masakan ini sering disajikan bersama dengan minuman keras. Sekarang Golbaengi kaleng lebih laris daripada yang segar.

Bahan-bahan
1 kaleng Golbaengi
1/2 bawang bombai
1/2 wortel
1/2 ketimun
100g kol
2 sdm Gochujang
2 sdm bubuk cabe
2 sdm gula
2 sdm cuka
1 sdm sari lemon
1 sdm biji wijen
2 sdm minyak wijen

Cara membuat
Potong wortel, ketimun, kol dan bawang bombai dengan ukuran 5cm
Saring Golbaengi
Campurkan semua bumbu dalam wadah besar
Masukkan Golbaengi dan sayur dalam wadah
Campur dengan saus
Sajikan

Kadang-kadang mi disajikan bersama dengan Golbaengimuchim ini. Kalau dimakan dengan mi mungkin rasanya menjadi kurang pedas. Jadi kalau anda suka makanan yang pedas saya ingin menyarankan agar anda mencicipi Golbaengimuchim ini tanpa dicampur dengan makanan lainnya.




http://inisajamo.wordpress.com/cita-rasa-korea/

0 komentar:

Poskan Komentar