Selasa, 17 September 2013

Jika di Timur Tengah ada daerah yang mampu membuat mobil jalan sendiri tanpa dihidupkan mesin, maka di Korea ada jalan yang dianggap berhantu. Haolan Dokkaebi yang artinya jalan berhantu di Pulau Jeju, Korea ini mampu menggerakan mobil meski mesinnya mati.
Jika di Timur Tengah fenomena tersebut disebabkan medan magnet yang sangat kuat dari sebuah gunung. Maka di Korea, jalan sepanjang 50 meter ini biasa disebut dengan Mysterious Road, membentang  sepanjang 50 meter. Turis yang lewat jalan ini bisa merasakan konturnya yang menanjak.
Jalan ini begitu misterius, sehingga menarik perhatian banyak turis. Betapa tidak, mobil dengan mesin mati bisa jalan sendiri di Jalan Dokkaebi. Bahkan, bus yang ditumpangi rombongan, dengan mesin dalam kondisi mati, jalan sendiri di sini. Bahkan makin lama, laju bus semakin cepat.
Rasa penasaran selalu meliputi pengunjung yang lewat jalan ini. bahkan uniknya ketika menuangkan air ke jalanan yang menanjak, maka air tersebut malah mengalir naik.
Banyak cerita beredar tentang jalan misterius ini. Salah satunya adalah kisah suami-istri yang lewat jalan itu sekitar 30 tahun yang lalu. Mereka berhenti dan memarkir mobil untuk berfoto. Setelah asyik berfoto, mereka terkaget-kaget karena mobilnya jalan sendiri dan berpindah tempat parkir. Keduanya langsung berpikir kalau tempat itu berhantu.
Cerita lainnya adalah supir taksi yang mobilnya mogok di jalan tersebut. Saat mencoba mendorong mobilnya, mendadak mobilnya jalan sendiri tanpa didorong.
Jalanan ini memang sangat menarik pengunjung. Banyak sekali turis datang ke jalan yang berlokasi di lereng bukit dan menghubungkan dua jalan utama di Pulau Jeju ini. Namun dalam situs pariwisata Korea Selatan menyebut, fenomena itu sebenarnya hanyalah ilusi optikal. Jalanan terlihat menanjak padahal sebenarnya menurun.
Hal itu karena jalanan itu dikelilingi dataran tinggi. Dengan kata lain, mata melihat jalanan itu menanjak atau naik, padahal sebenarnya tidak.

Sumber : DREAMERSRADIO.COM

0 komentar:

Poskan Komentar