Sabtu, 15 Juni 2013

Normalkah Anak Kecil Sudah Bau Ketiak?

Tanya:
Saya memiliki anak perempuan berumur 7 tahun yang memiliki masalah bau badan. Saya heran karena dia masih anak-anak dan belum akil balig tapi bau badannya seperti orang dewasa yang tidak pake deodoran. Untuk mengatasinya, saya mengoleskan tawas pada ketiaknya sehabis mandi, namun seringkali dia lupa memakainya saat sore (saya bekerja dan dia bersama pengasuh di rumah). Namun bila aktivitasnya banyak menguras tenaga sehingga badannya berkeringat, maka bau juga muncul walaupun sehabis mandi sudah memakai tawas.

Saya tidak berani memakaikan deodoran mengingat usianya yang masih kecil, sehingga saya khawatir akan iritasi dan ketiak berwarna hitam. Pertanyaan saya: bagaimana cara mengatasi masalah ini? Amankah pemakaian deodoran untuk anak saya, dan kalau tidak, adakah yang lebih ampuh selain tawas?
-Lita, 30 tahun

Jawab:

Dear Ibu Lita,
Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kondisi bau badan pada anak. Bau badan umumnya berasal dari sekresi zat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat jenis apokrin yang terdapat di permukaan kulit ketiak, sekitar alat kelamin, belakang telinga, dan sekitar mata. Bau badan khas seseorang juga tergantung dari bakteri atau flora normal yang terdapat pada permukaan kulit. Bau badan dianggap signifikan secara medis apabila bau badan tersebut sudah mengganggu kehidupan dan menurunkan kualitas hidup sosial orang yang bersangkutan secara terus menerus.

Pada usia 8-14 tahun (masa pubertas) memang biasanya bau keringat seseorang akan berubah menjadi lebih bau, akibat dari bertambahnya kelenjar keringat jenis apoeccrine di permukaan kulit.

Dari segi makanan, hindarilah pemakaian bumbu makanan jenis bawang putih, bawang merah dan  bumbu kari secara berlebihan,  karena hal ini juga akan dapat mempengaruhi kondisi bau badannya. Gunakanlah pakaian yang berbahan dasar katun atau kapas sehingga dapat lebih menyerap keringat.

Deodoran aman dipakai untuk anak Anda yang berusia 7 tahun, tidak ada masalah dengan pemakaian deodoran untuk usia itu. Selain itu, ibu juga dapat mengurangi bau badannya dengan pemakaian anti-perspirant (zat pencegah sekresi keringat yang berlebihan) yang mengandung garam alumunium.

Bila dengan cara di atas tidak membantu dan kondisi bau badannya terus mengganggu secara signifikan, saya sarankan agar anak anda diperiksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Semoga membantu.
dr. Janfrional
MeetDoctor.com


Sumber
Sekian: Normalkah Anak Kecil Sudah Bau Ketiak?

0 komentar:

Posting Komentar