Rabu, 26 Juni 2013

Mengatasi Sindrom Short Term Memory Loss

Tanya:
Halo dok, saya wanita berusia 20 tahun, tapi saya orangnya sangat pelupa, apalagi untuk hal hal kecil. Misalnya saat saya menghidupkan lampu, beberapa saat kemudian saya berpikir, "Yang menghidupkan lampu siapa ya?" Saya merasa semakin ke sini daya ingat saya semakin lemah. Apakah itu wajar, Dok?
Tyas, Jakarta

Jawab:
Dear Tyas,

Gejala yang Anda alami dikenal dengan nama Short Term Memory Lost Syndrome atau Short Memory Syndrome (SMS), sebuah penyakit yang membuat penderitanya seringkali melupakan hal-hal yang baru saja terjadi dalam sekejap, sehingga membuat si penderita jadi terlihat seperti orang pikun. SMS ini juga bisa diartikan sebagai penurunan daya ingat seseorang yang membuat penderita kehilangan informasi dalam sekejap.

Penyebab sindrom ini yaitu:
1.    Teknologi yang semakin canggih yang cenderung membuat orang malas memakai otot dan otaknya dengan maksimal.
2.    Faktor beban kerja yang tinggi.
3.    Adanya gangguan peredaran darah ke otak yang menyebabkan menurunnya daya ingat.

Penyebab menurunnya daya ingat :
1.    Faktor traumatis, seperti apabila kepala terbentur dengan kencang.
2.    Faktor non traumatis seperti, misalnya pembuluh darah mengalami gangguan (tanpa terbentur apapun), keracunan makanan atau minuman, narkoba dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kepala dan sistem darah di kepala

Untuk mencegah SMS, makanlah makanan yang bergizi, bernutrisi, dan terapkan pola makan teratur serta jauhi makanan yang mengandung MSG (monosodium glutamat), terutama Junk Food atau makanan yang berkolesterol jahat, karena kolesterol jahat dapat menimbulkan plak-plak yang akan mengganggu jalur peredaran darah anda ke otak. Mulailah berolahraga secara teratur, minimal senam ataupun jalan kaki.

Sering-seringlah mengasah otak dengan main catur, puzzle, TTS, games yang sangat membutuhkan otak untuk berpikir, yang mampu membuat anda mengasah otak anda

Bila sudah terkena SMS, setidaknya kita masih bisa melakukan hal-hal di atas tadi untuk membantu meningkatkan daya ingat, atau gunakan tips berikut:
1.    Sediakan post-it di meja untuk menuliskan tugas-tugas penting ketika tugas itu didelegasikan kepada Anda, dan tempelkan di tempat yang langsung terlihat.
2.    Gunakan reminder atau alarm pengingat di ponsel Anda.
3.    Persiapkan pada malam sebelumnya semua hal yang akan Anda bawa esok hari ke kampus atau kantor.

Semoga bermanfaat.

dr. Margareta
MeetDoctor.com


Sumber
Sekian: Mengatasi Sindrom Short Term Memory Loss

0 komentar:

Poskan Komentar