Rabu, 26 Juni 2013

Dorongan Kuat untuk Selalu Menggoyangkan Kaki, Gejala Apa Ini?
Tanya:
Setiap malam saat mau tidur, setelah kurang lebih 10 menit berbaring di kasur, kaki saya seakan-akan ada dorongan untuk harus bergerak terus (digoyang-goyangkan). Jika kaki diam 10 detik saja, langsung terasa lagi keinginan itu dan rasanya harus digerakkan. Kalau dibiarkan, saya akan kepikiran terus dan jadi susah tidur. Kira-kira apa penyebabnya ya? Adakah solusi untuk menghentikannya?
Dinda, 15 tahun

Jawab:
Dear Dinda,

Dorongan untuk menggerakkan kaki yang sering Anda alami ketika Anda mencoba untuk tidur, kemungkinan merupakan gejala dari RLS (Restless Legs Syndrome). RLS adalah kondisi yang digambarkan sebagai dorongan tak tertahankan untuk menggerakan anggota tubuh, untuk menghentikan sensasi tidak nyaman atau ganjil yang dirasakan. Selain kaki, dapat pula menjangkiti tangan dan dada. Kebanyakan orang merasakan gejalanya berkurang saat siang hari dan lebih kuat di malam hari, khususnya selama awal tidur.

Penderita sindrom kaki gelisah menggambarkan adanya perasaan baik terbakar, menggelitik, atau sensasi gatal pada otot. Kemudian mereka akan memindahkan bagian tubuh tersebut untuk membebaskan mereka dari perasaan tidak nyaman. RLS juga dikenal sebagai Sindrom Wittmaack-Eckbom, dan kadang-kadang juga disebut juga Nocturnal myoclonus.

Penyebab utamanya adalah anemia defisiensi besi atau warisan genetik. Selain itu juga ditemukan pada ibu hamil, mereka yang obesitas, dan perokok. Beberapa penyakit lain yang dapat menimbulkan gejala seperti ini antara lain polineuropati, penyakit hormonal, parkinson, diabetes, rheumatoid arthritis, gagal ginjal, dan kerusakan saraf. Asupan obat-obatan, kafein, alkohol, beberapa anti-depresi juga dapat menyebabkan sindrom kaki gelisah.

Pengobatan sindrom kaki gelisah diarahkan kepada penyakit yang mendasarinya, jika diketahui. Untuk kasus ringan, cukup dengan perubahan gaya hidup, misalnya menghindari merokok dan minum alkohol. Menjalani kebiasaan tidur yang baik adalah cara yang baik untuk menangani RLS. Melakukan kegiatan fisik yang tidak terlalu berat juga dianjurkan. Melakukan hal-hal yang mengalihkan perhatian Anda dan menjaga pikiran Anda dari sensasi mengerikan adalah metode lain.

Ada kegiatan tertentu yang membebaskan kita dari perasaan tidak nyaman untuk waktu yang singkat dan memberikan bantuan sementara. Kegiatan ini meliputi berjalan dan meregangkan tubuh, mandi, memijat anggota badan yang terkena. Cobalah mendengarkan musik atau memecahkan teka-teki silang.

Bila semakin mengganggu sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis syaraf untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Semoga bermanfaat.
dr. Margareta Amelia
MeetDoctor.com



Sumber
Sekian: Dorongan Kuat untuk Selalu Menggoyangkan Kaki, Gejala Apa Ini?

0 komentar:

Poskan Komentar