Selasa, 25 Juni 2013

Fosil Gajah Usia 10 Ribu Tahun Ditemukan di Aceh

Fosil Gajah Usia 10 Ribu Tahun Ditemukan di Aceh

TEMPO.CO, Banda Aceh - Tim arkeolog dari Balai Arkeologi Medan menemukan tulang-belulang gajah yang diperkirakan hidup pada 10 ribu tahun yang lalu di situs kepurbakalaan Loyang Mendale, Aceh Tengah. "Rangka gajah itu ditemukan saat kami sedang meneliti manusia prasejarah," kata ketua tim peneliti, Ketut Wiradnyana, kepada Tempo, Senin, 24 Juni 2013.

Ketut mengatakan rangka gajah itu ditemukan berada pada satu lubang penggalian dengan kerangka manusia prasejarah. Kerangka manusia yang telah dianalisis karbon memiliki usia 7.525 tahun. Sementara tulang gajah itu ditemukan di bawah lapisan kerangka manusia prasejarah tadi. "Jadi analisis saya, umurnya sekitar 10 ribu tahun," ujarnya.

Temuan tulang gajah purba itu belum akan diteliti lebih lanjut. Ia menuturkan pihaknya harus fokus pada target penelitian mereka tentang kerangka manusia prasejarah. Selain itu, tidak ada anggaran untuk itu. "Kami menunda dulu untuk penelitian tulang hewan," ujar Wiradnyana.

Menurut dia, temuan rangka gajah tersebut sangat erat kaitannya dengan peradaban prasejarah yang telah mereka teliti di Loyang Mendele, Aceh Tengah. Kawasan itu terletak di Dataran Tinggi Gayo, sekitar 330 kilometer dari Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh.



Sumber: TEMPO.CO
Sekian: Fosil Gajah Usia 10 Ribu Tahun Ditemukan di Aceh

0 komentar:

Poskan Komentar