Rabu, 19 Juni 2013

Gatal Tanpa Tahu Apa Pemicunya? Hati-hati Dermatitis

Gatal Tanpa Tahu Apa Pemicunya? Hati-hati Dermatitis

TRIBUNNEWS.COM - Pernah merasakan gatal pada bagian permukaan kulit tapi tak tahu apa pemicunya? Bila iya, bisa jadi Anda mengalami dermatitis atau eksim.

Dalam istilah kedokteran, dermatitis merupakan kondisi kelainan kulit, yang biasanya efek yang tampak peradangan dan iritasi. Peradangan ini bisa terjadi dimana saja, namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki.

Gejala dermatitis akan mulai muncul, pada masa anak-anak usia diatas 2 tahun. Pada beberapa kasus, eksim akan menghilang dengan bertambahnya usia, namun tidak sedikit pula yang akan menderita seumur hidupnya.

"Secara medis, dermatitis merupakan peradangan kulit karena respon dari pengaruh faktor endogen dan eksogen. Untuk faktor eksogen, biasanya karena pengaruh faktor dari luar tubuh. Misalnya, suhu, sinar matahari, detergen bakteri, jamur, dan lain sebagainya," ungkap dr Aldo Aprizo.

Sementara faktor endogen, tambah Dokter Umum RSUD Batam ini, bisa disebabkan dari internal keluarga yang punya riwayat penyakit tertentu, semisal ashma atau penyakit saluran pernapasan. Akan tetapi, tidak semua anak yang keluarganya punya riwayat penyakit tersebut terkena dermatitis.(fer)


Sumber: TRIBUNNEWS.COM
Sekian: Gatal Tanpa Tahu Apa Pemicunya? Hati-hati Dermatitis

0 komentar:

Poskan Komentar