Jumat, 21 Juni 2013

Sudah Dipecat, Aceng Fikri Masih Pakai Mobil Dinas Pemkab Garut

Sudah Dipecat, Aceng Fikri Masih Pakai Mobil Dinas Pemkab Garut

TRIBUNNEWS.COM � Aceng HM Fikri telah diturunkan dari jabatannya sebagai Bupati Garut, Februari 2013. Namun Aceng masih menikmati fasilitas negara, yakni kendaraan dinas KIA SUV bernomor polisi Z 111 X milik Pemerintah Kabupaten Garut.

Kepala Bagian Umum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Garut, Ardhi Sjamsul Marich, mengatakan sejak lebih dari tiga bulan lalu, kendaraan dinas tersebut belum diberikan oleh Aceng kepada Pemerintah Kabupaten Garut.

"Kalau kepemimpinan Garut lengkap, ada bupati dan wakilnya, mungkin baru kita ambil. Itu bisa ditarik lagi. Tapi tunggu, saya harus bertanya dulu dengan yang lainnya," kata Ardhi saat dihubungi melalui telepon, Kamis (20/6/2013).

Menurut Ardhi, mobil tersebut awalnya diberikan untuk Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut. Namun kendaraan tersebut diserahkan pada Sekretariat Daerah Garut. Setelah beberapa kali berpindah tangan, kendaraan tersebut dipakai Aceng.

"Saya belum mengetahui yang jelasnya seperti apa, itu dibicarakan sama yang pada di atas. Sebelum diturunkan, Aceng sudah pakai mobil itu. Mungkin itu untuk penghargaan kepada Aceng yang telah memimpin Garut. Jadi masih dipinjamkan walau sudah turun," ujarnya.

Menurut Ardhi, kendaraan tersebut masih dipakai Aceng, bahkan selama tiga bulan sejak penggantinya, Agus Hamdani, dilantik menjadi Bupati Garut. Ardhi mengatakan penggunaan kendaraan tersebut tidak bertentangan dengan aturan sebab keberadaan kendaraannya dapat dipertangungjawabkan.

Sekjen Garut Governance Watch (G2W), Agus Rustandi, mengatakan penggunaan mobil dinas oleh mantan bupati merupakan pelanggaran aturan. Ucapnya, Aceng dapat dituduh melanggar Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Seharusnya, kata Agus, setelah diberhentikan dari kepala daerah, semua fasilitas negara yang biasa digunakan harus diberikan kembali kepada negara.

"Perbuatan Aceng ini juga bisa termasuk pidana dengan tuduhan penggelapan kendaraan pemerintah. Sebenarnya tidak ada alasan lagi bagi pemerintah daerah untuk meminjamkan kepada Aceng," ujar Agus.

Aceng HM Fikri diturunkan dari jabatanya sebagai Bupati Garut oleh DPRD Kabupaten Garut. Pelengseran ini dilakukan karena Aceng terbukti bersalah melakukan pelanggaran undang-undang dan etika setelah menjalin pernikahan singkat dengan Fani Oktora, pada pertengahan 2012. (sam)


Sumber: TRIBUNNEWS.COM
Sekian: Sudah Dipecat, Aceng Fikri Masih Pakai Mobil Dinas Pemkab Garut

0 komentar:

Poskan Komentar