Senin, 24 Juni 2013

Cukur Tahiti, Uruguay Lolos ke Semifinal

Liputan6.com, Recife : Uruguay memastikan satu tiket ke semifinal Piala Konfederasi setelah pada laga pamungkas Grup B mencukur tim lemah Tahiti delapan gol tanpa balas di Stadion Itaipava Arena Pernambuco, Senin (24/6) dinihari WIB.

Kemenangan besar ini membuat Uruguay menjadi runner-up Grup B dengan poin enam, terpaut tiga angka dari Spanyol yang menjadi juara grup. Di babak semifinal, Uruguay sudah ditunggu tuan rumah Brasil selaku juara Grup A. Striker Abel Hernandez menjadi bintang kemenangan Uruguay dengan mencetak setengah dari total gol mereka ke gawang Tahiti.

Pelatih Uruguay Oscar Tabarez membuat kejutan dengan menyimpan mayoritas pemain-pemain pilarnya meski dituntut memetik kemenangan besar untuk lolos ke semifinal. Pemain bintang seperti Luis Suarez, Diego Forlan, Edinson Cavani hingga Fernando Muslera tak menjadi starter.

Meski demikian, Uruguay masih terlalu tangguh bagi Tahiti. Di babak pertama Uruguay sudah mampu melesakkan empat gol. Hernandez mencetak hat-trick di babak pertama. Satu gol lainnya dibukukan Diego Perez.

Uruguay tak mengendurkan serangannya di babak kedua meski sudah unggul jauh. Empat menit setelah jeda, Uruguay mendapat hadiah penalti setelah Matias Agguiregaray dilanggar Nicolas Vallar di kotak terlarang.

Beruntung bagi Tahiti karena eksekusi nyang dilakukan Andre Scotti mampu digagalkan kiper Gilbert Meriel. Semenit kemudian, Scotti kembali menjadi pecundang. Dia harus meninggalkan lapangan karena kartu kuning kedua akibat melanggar salah seorang pemain Tahiti.

Tahiti juga harus kehilangan satu pemain di menit 59. Bek Teheivarii Ludivion menerima kartu kuning kedua karena menjatuhkan Agguiregaray.

Setelah jumlah pemain berimbang 10 melawan 10, Uruguay sukses menambah gol. Laga genap berjalan satu jam, Nicolas Lodeiro menceploskan bola usai menyontek umpan dari Gargano.

Uruguay mendapat hadiah penalti lagi di menit 65 ketika Agguiregaray dilanggar Chong Hue. Kali ini Hernandez yang dipercaya sebagai algojo. Hernandez tak menyia-nyiakan peluang untuk membawa Uruguay unggul 6-0.

Suarez yang dimasukkan sebagai pemain pengganti ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 81. Suarez dengan cerdik mengecoh salah seorang pemain belakang Tahiti sebelum menaklukan Meriel dengan tendangan rendah.

Suarez menambah pundi-pundi golnya semenit sebelum laga berakhir. Bomber Liverpool itu meneruskan umpan matang dari Hernendez. Skor 8-0 bertahan sampai bubaran.

Susunan Pemain:

Uruguay: Silva, Scotti, Pereira, Coates, Aguirregaray, Perez, Eguren. Gargano, Lodeiro, Ramirez, Hernandez

Tahiti: Meriel, Ludivion, Tehau, Vallar, Simon, L Tehau, Caroine, Aitamai, Hnanyine, Vahirua, Chong Hue


Sumber: Liputan6.com
Sekian: Cukur Tahiti, Uruguay Lolos ke Semifinal

0 komentar:

Poskan Komentar