Kamis, 31 Januari 2013

waterpassTUGAS KELOMPOK,BAHASA INDONESIA.
Sobat,thanks buat kunjungannya di blogku yang sederhana ini.Nah kali ini saya dan teman2 satu kelas lagi dapat tugas untuk membuat laporan seperti dibawah ini.
Nah Sobat tak perlu copy paste lagi,soalnya sudah saya upload di internet.Download di bawah ini.












Waterpass dan Theodolite
Waterpass digunakan untuk menentukan elevasi/ peil untuk lantai, balok, dan lain-lain yang membutuhkan elevasi berdasarkan ketinggian titik yang diketahui. Alat ini digunakan untuk mengecek ketinggian penulangan agar tidak melebihi tinggi rencana dan mengecek ketebalan lantai saat pengecoran, sehingga lantai yang dihasilkan dapat datar. Selain itu juga dapat digunakan untuk pembuatan tanda/marking pada kolom/dinding sebagai acuan pekerjaan lain, seperti acuan untuk pekerjaan dinding panel precast, serta dapat digunakan dalam pengecekan settlement bangunan. Untuk keperluan pekerjaan struktur diperlukan keakuratan dibawah 1 mm pada jarak tidak melebihi 30 meter. Dalam penggunaannya, waterpass didirikan pada tripod (kaki tiga).
waterpass
Gambar 1.1 Detail dan Penggunaan Waterpass/Auto Level untuk Pengecekan Elevasi Tulangan
Spesifikasi Alat :
Type : Topcon AT-G6
Kapasitas            : 300 m



Theodolite digunakan untuk menentukan titik as bangunan, ketegaklurusan bangunan, menentukan elevasi bangunan, dan membuat sudut-sudut bangunan. Theodolite digunakan pada awal pelaksanaan proyek untuk menentukan peil dasar bangunan dan menentukan as-as bangunan. Setelah itu digunakan untuk penentuan as kolom, balok, core wall/shear wall, plat lantai dan lain-lain. Cara kerja alat ini adalah dengan mengatur nuvo dan unting-unting di bawah theodolite. Kemudian menetapkan salah satu titik sebagai acuan. Setelah itu, menembak titik-titik yang lain dengan patokan titik awal yang ditetapkan tadi. Theodolite dapat mengecek kondisi dalam arah vertikal, juga untuk menentukan ketinggian suatu titik. Obyek theodolite dalam hal ini antara lain as-as bangunan, titik penggalian, dan elevasi-elevasi/ peil-peil bangunan. Untuk keperluan pekerjaan struktur diperlukan keakuratan dibawah 1 mm pada jarak tidak melebihi 30 meter. Dalam penggunaannya, theodolite didirikan pada tripod (kaki tiga).
theodolit
Gambar 1.2 Detail dan Penggunaan Theodolite untuk Marking As Bangunan
Spesifikasi Alat :
Type : Topcon DT-200 Series (Digital Theodolite)
Kapasitas            : 300 m
Oleh : MARKUS KONO

PARTNER BY:
ILMUSIPIL.COM

0 komentar:

Posting Komentar