Minggu, 03 Februari 2013

KPU NTT Tetapkan Lima Paket Cagub dan Cawagub

Satu pasangan dinyatakan tidak memenuhi persyaratan kelengkapan berkas administrasi, sehingga digugurkan oleh KPU.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT telah menetapkan lima pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur NTT yang akan berkompetisi  dalam ajang pemilihan gubernur NTT, Kamis (31/1). Selanjutnya, akan dilakukan undian nomor urut pada Sabtu, (2 /2) besok.

Johanes Depa, Ketua KPU NTT menjelaskan, pihaknya telah melakukan serangkaian kegiatan, termasuk menggelar rapat pleno, dan menetapkan lima pasangan untuk mengikuti tahapan selanjutnya dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT periode 2013-2018, di Kantor  KPU NTT Jalan Polisi Militer Kota
Kupang, Kamis (31/1).
Ketua KPU NTT, Drs. Johanes Depa
Ketua KPU NTT, Drs. Johanes Depa (sumber: Suara Pembaruan/Yoseph Kelen)

Hasil pleno itu menetapkan dari enam pasangan yang mendaftar, hanya lima paket yang memenuhi syarat sehingga dinyatakan lolos menjadi pasangan calon definitif untuk bertarung dalam pemilihan gubernur NTT tahun ini. Lima paket itu sendiri, sudah ditetapkan melalui Keputusan KPU Nomor 05/Kpts/KPU-Prov-018/2013 bertanggal 31 Januari 2013.

Lima pasangan yang ikut serta dalam Pilkada NTT yaitu, Drs. Frans Lebu Raya – Drs. Benny Alexander Litelnoni, SH, M.Si (Paket Frenly), Ir. Esthon L. Foenay, M.Si – Paul Edmundus Tallo, S.Sos. M.Par (Paket Thotal),  Drs. Christian Rotok – Ir. Abraham Paul Liyanto (Paket ChristAL), Drs. Ibrahim Agustinus Medah – Imanuel Melkiades Lakalena (Paket Tunas) dan pasangan Dr. Benny Kabur Harman, SH, MH – Willem Nope, SH (Paket KBH-NOPE).

"Kita sudah tetapkan lima paket calon gubernur dan wakil gubernur NTT berdasarkan berkas dokumen yang dimasukkan dan hasil verifikasi dan klarifikasi dengan berbagai pihak seperti KPU Pusat dan Bawaslu. Hasilnya sudah final dan kita umumkan hari ini kepada masyarakat NTT,” kata John Depa.

Menjawab pertanyaan tentang enam paket yang mendaftar tetapi hanya lima paket yang lolos, juru bicara KPU NTT, Djidon de Haan mengatakan, satu paket terleleminir karena berkas administrasi yang dimasukkan tidak lengkap. Berkas itu antara lain format B 1 dan format B 2 tidak ditandatangani.

“Ada lima belas Parpol non seat yang mendukung paket  Benedictus Bosu dan Melkianus Adoe (BBM) tetapi hingga selesai masa perbaikan, ada beberapa parpol tidak menandatangani formulir B 1 dan B 2 tersebut. Dengan demikian pasangan ini dinyatakan tidak lolos,” kata Djidon.

Untuk diketahui, dari lima pasangan yang lolos tersebut, paket Frenly didukung oleh PDIP, PPP, PKB, Hanura dan PKS. Pasangan Esthon L Foenay – Paulus Edmundus Tallo (paket Thotal) didukung partai Gerindra dan PDS. Pasangan Ibrahim Agustinus Medah – Emanuel Melkiades Lakalena (Paket Tunas) didukung partai Golkar, pasangan BKH-Nope didukung Partai Demokrat, Partai Pelopor, PAN, PPI, Republikan, PDK, PPDI, dan PKPB, sedangkan  pasangan Christian  Rotok – Abraham Paul Liyanto (CristAL) merupakan calon dari jalur independen.

KPU Sikka Tetapkan 9 Paket Cabup Sikka
Pada hari yang sama,  KPU Kabupaten Sikka juga penetapan pasangan Cabup-Cawabup Sikka sebanyak sembilan pasangan calon untuk bertarung merebut kursi Bupati dan Wakil Bupati Sikka dalam Pilkada Sikka yang akan berlangsung secara serentak dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT pada tanggal 18 Maret 2013 mendatang.

Sembilan paket yang ditetapkan KPUD Sikka itu adalah Solid, Alex-Idong, Garansi, Aura, Satria, Frendy, Helo, Damitrus dan An-Sar. Semua paket yang ditetapkan itu menyatakan  siap bertarung guna meraih kemenangan dalam Pilkada Sikka.

Dari kesembilan paket yang ditetapkan ini 6 paket dari unsur partai politik masing-masing Solid, Garansi, Alex-Idong, Aura, Satria dan An-Sar dan jalur independen ada tiga paket yakni Damitrus, Frendy dan Helo.

Ketua KPU Sikka, Albertus Ben Bao, dalam acara penetapan, menegaskan, semua paket yang maju agar sebelum masa kampanye secara sukarela menurunkan semua baliho dan atribut yang dipasang di Kota Maumere dan Sikka.

“Dari kesembilan paket yang ditetapkan ini 6 paket dari partai politik dan jalur independen sebanyak tiga paket yakni Damitrus, Frendy dan Helo,” kata Albertus Ben Bao.

Sembilan pasangan cabup dan cawabup kabupaten Sikka  itu antara lain; Drs. Sosimus Mitang - Silvanus Tibo, S.H, M.Si (paket Solid),  Drs.Alexander Longginus - F.Roberto Diogo, S.Sos, M. Si (paket Alex-Idong), Drs.Yosef Ansar Rera - Paulus Nong Susar (paket An-Sar ), dr. Wera Damianus, M.M - Petrus Suryaputra Suwarnam (paket Damitrus), Rafael Raga, SP -  Zakarias Heriando Siku, S,T (paket Garansi), Heribertus Krispinus Nidi - Robertus Lodan (paket Helo), Fransiskus De Jeer Da Gomez - Simon Subsidi (paket Frendy) Anselmus da Lopez, Cabup Sikka - Simon Subandi (Paket Aura) dan  Yosef Bernadus Semadu Sadipun - Agustinus Boy Satrio (Satria).

KPU NTT Tetapkan Lima Paket Cagub dan Cawagub

sumber
http://www.beritasatu.com/nasional/94579-kpu-ntt-tetapkan-lima-paket-cagub-dan-cawagub.html

0 komentar:

Posting Komentar