Selasa, 02 April 2013

(Perang Korea Tinggal Tunggu Waktu-Anaktimor17 Blog) - Seoul – Korea Utara benar-benar tak sabar untuk berperang dengan saudaranya, Korea Selatan. Korut belum lama ini menyatakan pihaknya benar-benar sedang memasuki peperangan dengan Korsel.

Ancaman ini merupakan perwujudan fisik melawan aksi retorika yang dilancarkan Korsel dan sekutunya, Amerika Serikat. Hampir setiap hari, Korut mengancam akan menyerang tetangganya itu sejak negeri ini dikenai sanksi percobaan nuklir, Februari lalu.
Namun demikian, ancaman Korut itu dinilai sebagian kalangan tidak akan terwujud. Sebab, Korut dan Korsel praktis sudah berperang sejak 1953, ketika tak ada lagi perjanjian damai yang bisa disepakati.
Korut melancarkan percobaan nuklirnya yang ketiga pada 12 Februari 2013, yang akhirnya berujung pada pemberian sanksi. Sejak saat itu, Korsel semakin giat melakukan latihan militer dengan AS, yang ujung-ujungnya membuat marah Korut.
Sabtu 30 Maret lalu, sebuah pernyataan dikeluarkan Korut, “Mulai saat ini, hubungan Utara-Selatan akan memasuki masa perang dan semua masalah yang muncul antara Utara dan Selatan akan diselesaikan dengan cara itu. Situasi tanpa arah di semenanjung Korea yang tak perang maupun tidak damai benar-benar sudah berakhir.”
Washington juga langsung bereaksi terhadap pernyataan itu. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS Caitlin Jayden menyatakan AS sudah membahas laporan mengenai pernyataan Korut tersebut. “Kami memandang ancaman ini serius dan kami terus melakukan kontak dengan sekutu kami, Korsel,” ujarnya.
Saat ini adalah masa-masa kritis menjelang perang. Masing-masing pihak masih melancarkan perang urat syaraf. Sedangkan tindakan bersenjata, hanya tinggal menunggu waktu.
sekian artikel  (Perang Korea Tinggal Tunggu Waktu-Anaktimor17 Blog) .

0 komentar:

Posting Komentar