Sabtu, 25 Mei 2013

Kalian tahu ada berapa macam jamur? Atau hanya beberapa saja yang kalian ketahui? Jamur banyak macamnya dan manfaatnya juga berbeda-beda. Ada juga jamur yang beracun dan ada juga jamur yang memiliki khasiat yang luar biasa.

8 Jenis Jamur dan Manfaat Luar Biasanya - Kujelajahi.com

1. Jamur putih untuk menurunkan berat badan dan pencegahan kanker prostat

Kategori ini termasuk jamur kancing, cremini dan Portobello. Jamur putih memiliki karbohidrat yang mempercepat metabolisme dan menjaga kadar gula darah. Metabolisme yang cepat membuat tubuh membakar lebih banyak lemak. Mengonsumsi jamur putih tiga ons per hari selama empat sampai enam minggu dapat menurunkan berat badan. Jamur ini juga kaya akan selenium yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki efek positif pada kanker prostat.

2. Shiitake bisa melawan tumor

Jamur beraroma khas ini mengandung lentinan yang merupakan senyawa anti-tumor alami. Jamur ini telah dikembangkan oleh Jepang menjadi pengobatan anti-kanker yang cukup menguntungkan. Pada gilirannya, jenis jamur juga menjadi sumber Vitamin D. Konsumsi empat sampai lima ons per hari sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

3. Reishi sebagai obat anti-kanker

Jamur yang terlihat seperti bunga coklat dan putih besar ini terbuat dari kayu yang memiliki sifat-sifat berikut: anti-kanker, anti-oksidan, anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur. Selain itu, jamur reishi mengandung asam gandodermic yang membantu mengurangi kolesterol yang pada akhirnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Makan jamur reishi beberapa ons per hari dapat membantu Anda mengurangi kolesterol dan risiko darah tinggi.

4. Maitake bisa melawan kanker payudara

Setengah cangkir jamur maitake per hari mampu membersihkan sistem tubuh dan menemukan sel-sel abnormal yang kemudian membuat mereka rusak dengan sendiri. Jamur ini juga dapat memicu tubuh untuk melepaskan sel-sel pembunuh sistem kekebalan tubuh.

5. Tiram untuk HIV

Jamur tiram sedang diteliti sebagai pertahanan terhadap kemungkinan HIV. Karena tinggi akan senyawa anti-oksidan, jamur ini dapat menjadi obat anti-kanker.

6. Chanterelle

Terlihat seperti terompet mini, jamur ini sering dikaitkan dengan sifat anti-mikroba, bakteri dan jamur. Jamur ini juga kaya akan vitamin C, D, dan potasium.

7. Porcini untuk anti-radang

Jamur gendut mirip Portabello ini telah digunakan sebagai obat anti-inflamasi. Porcini berisi senyawa ergosterol yang mampu melakukan sitotoksisitas yang merupakan proses menyerang sel musuh.

8. Shimeji dapat mengobati asma dan tumor

Jamur ini mudah ditemukan dalam makanan Asia atau sebagai hiasan. Shimeji mengandung beta-glukan yang menurut National Cancer Institute of Japan, senyawa ini adalah obat untuk memperlambat dan menghancurkan tumor yang tumbuh di tubuh. Jamur shimeji juga dapat mengobati diabetes, asma dan alergi tertentu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan penyembuhannya.

0 komentar:

Posting Komentar