Selasa, 27 November 2012





TipsSEO - Cara Membuat Internal Link Yang Paling OKSobat , apa itu InternalLink ? Internal link adalah tautan yang jika di klik akan mengarah ke salah satu artikel di dalam website / blog sendiri. Tutorial ini ditujukan bagi anda yang dikemudian hari akan mengganti nama domain baru dengan maksud apabila anda sudah berganti nama domain dari blogspot ke dot com atau domain yang lain, maka link yang anda buat sebelumnya akan mengikuti ke domain yang baru, jadi tidak akan hilang link yang lama yang akan mengakibatkan terjadinya linkerror / broken link  pada domain yang baru.


Berikut cara membuat internal link supaya aman didalam postingan blog :
1. Contoh link yang biasanya dipasang di dalam postingan seperti berikut :

<a href="http://anaktimor-17.blogspot.com/2012/11/cara-cepat-dapat-google-pagerank-dan.html">Cara Cepat Dapat Pagerank</a>

2. Nah untuk lebih amannya gunakan penulisan Internal Link seperti berikut :

<a href="/2012/11/cara-cepat-dapat-google-pagerank-dan.html"> Cara Cepat Dapat Pagerank</a>

Keterangan :
Untuk cara yang pertama adalah link yang biasa / umum dipasang dalam membuat internal link dalam postingan, hal itu akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar apabila anda sudah berganti domain. Mengapa bisa rugi ? karena dengan mencantumkan nama url anda pada internal link yaitu misalnya http://anaktimor-17.blogspot.com/2012/11/cara-cepat-dapat-google-pagerank-dan.html anda akan susah harus mengedit satu persatu link yang sudah dibuat karena link tersebut tidak ikut ke domain yang baru. (Lihat url yang warna biru, tidak usah anda cantumkan)

Untuk cara yang ke dua, adalah kebalikan dari cara yang pertama, jadi cara yang kedua adalah cara yang benar dalam memasang internal link, karena biarpun anda sudah berubah domain, link tersebut masih mengikuti domain yang baru.

Penting untuk dibaca !
Didalam penulisan internal link, dianjurkan menggunakan edit dalam posisi HTML (bukan compose). Dan setelah internal link selesai dibuat, jangan menuju ke posisi Compose, biarkan saja pada posisi HTML, karena jika sudah anda kembali ke mode Compose maka akan secara otomatis akan kembali ke domain semula (blogger.com) dan langsung aja anda publish pada posisi HTML.

Nah sekian dulu pembahasan tentang cara memasang internal link yang aman dalam artikel blog, semoga bermanfaat dan happy blogging.Sobat, jangan lupa kasi komentarnya yah.

0 komentar:

Posting Komentar