Rabu, 20 Maret 2013

(Google Trend "Indonesia Trend Apa di Google Trends" -Anaktimor17 Blog)Menurut wikipedia, Google Trends merupakan grafik statistik pencarian Web  yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah,
dan bahasa.  Berita-berita terkait topik yang menjadi tren juga ditampilkan di sini. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa membandingkan topik-topik favoritnya dengan topik-topik yang diminati di seluruh dunia.  Google Trends juga akan menampilkan seberapa sering suatu topik muncul di Google News dan di kawasan mana topik tersebut paling banyak dicari.

Key word yang kemarin sempat ditayangkan adalah tentang beasiswa. Jika beasiswa dituliskan dalam kotak pencarian, maka data yang terekam adalah :
13364411861262318830
Sumber: keyword beasiswa. sumber : google trends


Ini menunjukkan bahwa pencari beasiswa dari negara Indonesia didominasi oleh masyarakat di wilayah Yogyakarta, Depok, Malang, Samarinda, Jakarta, dan Surabaya. Rupanya orang Jakarta tidak cukup gigih mencari beasiswa. Diduga, Yogyakarta, Depok dan Malang didominasi oleh para mahasiswa, tapi mahasiswa Bandung ke mana ya, karena ternyata hanya diperingkat 10.

Jika diterjemahkan ke dalam scholarship, maka data yang ada adalah :

13364416842064398595
Sumber: pencarian scholarship. sumber: google trends


ternyata Indonesia  hanya menduduki posisi sepuluh. Kalah minat oleh warga negara Ethiopia, Nigeria, Bangladesh, Pakistan, Malaysia, India, Phillipina, Singapura, dan USA. Wow. Padahal kita tahu negara-negara di Afrika yang disebutkan di sini tergolong negara termiskin di dunia. Mungkin inilah yang membuat mereka rajin mencari beasiswa. Sementara Indonesia yang juga masih "terbelakang" di bidang pendidikan dan tergolong negara penuh masalah, masih kalah gesit dari Amrik dan Singapura. Apa sih yang sebenarnya dicari orang Indonesia?

Konon orang-orang kita suka mencari berita esek-esek, maka pencarian saya mulai lagi dengan keyword "sex". Hasilnya ini dia:

1. Pakistan

2. india

3. Vietnam

4. Egypt

5. Maroko

6. Indonesia

namun ketika kata kuncinya diganti menjadi : seks, hasilnya menunjukkan perbedaan, di mana Indonesia menduduki peringkat ketiga, dengan diwakili oleh Jakarta. Dan kalau kita lihat bahasanya, maka mungkin saja orang Indonesia yang berada di negara-negara lainpun turut ambil bagian menyumbang peringkat atas ini.

13364438892117687478
Sumber: hasil pencarian dengan keyword :seks. Mengalami perbedaan tajam dari


saya lalu coba dengan keyword : v*g***, dan ternyata..luar biasa ya Indonesia menempati urutan pertama dengan Jakarta sebagai kota terduganya dan tentu saja dalam bahasa Indonesia.

13364454511965980737Sumber: Indonesia pencari miss vivi nomor wahid
kategori :

Keyword
google keyword trend
google flu trends
trends google
google flu trend
trend google
google search trend
google trend india
google hot trend
google trend france
google trend labs
google trend insight
google trend report


  Sekian artikel
Google Trend "Indonesia Trend Apa di Google Trends" -Anaktimor17 Blog.

0 komentar:

Posting Komentar