Kamis, 20 Juni 2013

Waspadai Ini Jika Kerap Mual di Pagi Hari

Waspadai Ini Jika Kerap Mual di Pagi Hari

DREAMERSRADIO.COM -

Bagi banyak wanita, rasa mual yang datang pada pagi hari sering dikaitkan dengan kehamilan. Tetapi bagi remaja putri, hal tersebut ternyata tak selalu tepat. Namun seringnya rasa mual dipagi hari maka dapat di indikasikan adanya beberapa penyakit yang ada didalam tubuh kita.

Dilansir dari Livestrong, ada beberapa kondisi tubuh dan penyakit yang bisa menyebabkan mual di pagi hari:

Sistem gastrointestinal

Gastrointestinal adalah organ dalam tubuh yang berkaitan dengan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus. Irritable bowel syndrome (IBS), Cyclic vomiting syndrome (CVS), gastroparesis adalah beberapa penyakit penceranaan yang dapat menimbulkan rasa tak nyaman di perut hingga menimbulkan rasa mual. Ketiga penyakit itu hampir selalu disertai dengan rasa mual di pagi hari dan melibatkan mobilitas lambung serta iritasi.

Sakit kepala

Terdapat banyak jenis sakit kepala, namun hanya ada beberapa jenis yang menyebabkan mual di pagi hari. Sakit kepala akibat sinus biasanya juga memproduksi banyak lendir, dan lendir tersebut sering tertelan saat tidur.

Inilah yang sering menyebabkan mual di pagi hari. Sakit kepala rebound, sakit kepala yang disebabkan oleh seringnya menggunakan obat sakit kepala juga dapat menimbulkan rasa mual. Terakhir, migrain pun dapat membuat orang mulai, walau tidak spesifik hanya di pagi hari.

Hormon

Hormon yang tidak stabil dapat mengakibatkan mual di pagi hari. Remaja wanita bisa mengalami mual karena naik turunnya progesterone, hormon yang berpengaruh pada siklus menstruasi, sedangkan wanita menopouse juga bisa mengalami rasa mual karena progesteron menurun cukup drastis.

Gangguan endokrin

Wanita atau pria yang menderita penyakit addison, penyakit endokrin langka akibat kelenjar adrenalin memproduksi hormon steroid yang tidak cukup juga bisa merasakan mual di pagi hari.


Sumber: DREAMERSRADIO.COM
Sekian: Waspadai Ini Jika Kerap Mual di Pagi Hari

0 komentar:

Poskan Komentar