Kamis, 20 Juni 2013

Olahraga di Luar Ruangan Vs Nge-gym

Olahraga di Luar Ruangan Vs Nge-gym

Ghiboo.com - Tempat fitnes yang menjamur tentu saja memudahnya Anda untuk berolahraga. Apalagi kini, banyak tempat fitnes yang berlokasi dalam mal, sehingga memberikan keuntungan lebih bagi Anda.


Tapi pernahkah Anda menyadari bahwa olahraga murah, seperti jogging, jalan santai atau aerobik di taman kota atau komplek rumah memberikan lebih banyak keuntungan bagi tubuh secara menyeluruh?

Lebih ampuh menurunkan berat badan


Yang tak dimiliki tempat fitnes adalah udara segar, sinar matahari, ruang terbuka dan pemandangan. Alam adalah tempat berlatih untuk memiliki tubuh ideal.


Menurut penelitian yang membandingkan penggunaan treadmil dan jalan kaki biasa, pelari treadmil mengeluarkan energi lebih sedikit untuk menempuh jarak yang sama seperti orang yang berolahraga di alam terbuka. Hal ini disebabkan karena olahraga di dalam ruangan tidak menghadapi hambatan angin, cuaca panas atau perubahan medan lari.

Menambah energi


Sebuah studi di tahun 2009 oleh peneliti University of Rochester menemukan, hanya dengan 20 menit melakukan olahraga outdoor, Anda bisa mendapatkan sejumlah energi yang sama seperti Anda meminum secangkir kopi.

Mempercepat penyembuhan dan mengurangi nyeri


Sinar matahari adalah obat murah untuk meringankan rasa sakit dan mengurangi stres. Olahraga di luar ruangan juga menjadi cara untuk menyerap vitamin D yang banyak secara gratis dari matahari. Karena, orang yang kelebihan berat badan hampir dua kali lebih mungkin tidak mendapatkan vitamin D yang cukup.

Bikin happy


Dalam sebuah penelitian melaporkan orang yang berolahraga outdoor lebih menikmati aktivitas fisiknya. Mereka cenderung senang, antusias, tidak tegang, depresi rendah dan tidak merasa lelah setelah berjalan.


"Mengubah rutinitas Anda dengan melihat wajah-wajah atau pemandangan baru dapat memerangi kebosanan. Menghirup udara segar dapat menciptakan perasaan bahagia karena membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin," ungkap Robert Gotlin, DO, direktur ortopedi dan Olahraga Rehabilitasi di Beth Israel Medical Center di New York City.


Sumber: Ghiboo.com
Sekian: Olahraga di Luar Ruangan Vs Nge-gym

0 komentar:

Poskan Komentar