Sabtu, 15 Juni 2013

Jero Wacik: Orang Kaya Baru Itu Boros, Susah Diajak Hemat

Jero Wacik: Orang Kaya Baru Itu Boros, Susah Diajak Hemat

Detik.com ,Nusa Dua - Pemerintah menyindir masyarakat kelas menengah khususnya orang kaya baru yang susah diajak menghemat energi, khususnya konsumsi BBM. Orang kaya baru cenderung boros energi.

"Orang kaya baru itu yang sangat boros, diajak menghemat susah. Jadi kalau janjian di mal, suami istri anak itu bawa mobil sendiri-sendiri, banyak demand (BBM) akhirnya . Jadi ngerem itu susah," ujar Menteri ESDM Jero Wacik saat menjadi pembicara di Pertemuan Puncak Pemimpin Redaksi se-Indonesia di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (13/6/2013).

Untuk jangka pendek, Jero mengatakan pemerintah akan melakukan kampanye penghematan konsumsi BBM subsidi di masyarakat. "Program jangka pendeknya, adalah kampanye agar menghemat," kata Jero.

Saat ini, kuota atau jatah BBM subsidi terus jebol karena masyarakat susah diajak berhemat. Jero berharap semua pihak dapat mendukung langkah pemerintah tersebut melakukan penghematan konsumsi BBM subsidi. Seperti pemerintah daerah melalui penciptaan transportasi massal yang layak hingga media dalam penyampaian informasi.

"Jadi Pemda ditambahlah juga kendaraan umum agar orang bisa beralih," ujarnya.

Jero mengaku, di 2014 industri mobil di Indonesia akan terus menambah produksinya. Jika konsumsi tidak dibatasi, maka rakyat tidak akan membatasi penggunaan BBM bersubsidi.

"Kemarin Pak Hidayat (Menteri Perindustrian) tahun depan akan menambah 1,29 juta mobil baru. Ini menambah demand untuk konsumsi BBM karena rakyat beli," pungkasnya.


Sumber: Detik.com
Seian: Jero Wacik: Orang Kaya Baru Itu Boros, Susah Diajak Hemat

0 komentar:

Posting Komentar