Kamis, 20 Juni 2013

Jelang Kenaikan Harga, Aksi Borong Premium & Solar Kian Marak

Liputan6.com, Jakarta : Menjelang kenaikan harga, PT Pertamina (Persero) mencatat adanya peningkatan pembelian BBM subsidi jenis premium dan solar. Pada Selasa 18 Juni 2013, yaitu konsumsi premium naik 12,5% menjadi 90 ribu kiloliter (kl) per hari, dari kondisi normal 80 ribu kl per hari.

Sementara konsumsi solar naik 11,6% menjadi 48 ribu kl per hari, dari sebelumnya 43 ribu kl per hari.

Berdasarkan pantauan realisasi penyaluran BBM premium dalam dua pekan terakhir, realisasi penyaluran premium rata-rata mencapai sekitar 88 ribu kl dan  solar sekitar 48 ribu kl, atau sesuai prediksi.

"Kami memastikan ketersediaan stok BBM, khususnya Premium dan Solar sangat cukup bagi masyarakat," ungkap Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/6/2013).

Ali mengatakan, saat ini ketahanan stok BBM yang dikelola oleh Pertamina mencapai sekitar 22 hari untuk premium dan sekitar 20 hari untuk solar.

Pertamina telah mempersiapkan ketersediaan BBM yang cukup untuk mengakomodasi kemungkinan lonjakan konsumsi menjelang pengumuman resmi kebijakan penyesuaian harga BBM bersubsidi oleh pemerintah.

Selain stok yang dalam posisi aman, Pertamina telah menetapkan peningkatan thruput harian di atas 10% dari rata-rata thruput harian normal," kata Ali.

Selain itu, Pertamina juga mengeluarkan kebijakan agar Terminal BBM dan SPBU beroperasi lebih lama dibandingkan dengan hari biasa bahkan jika perlu sampai 24 jam untuk memastikan kebutuahan masyarakat terpenuhi.

Ali mengharapkan masyarakat tidak melakukan pembelian BBM bersubsidi secara berlebihan terkait dengan rencana kebijakan kenaikan harga. Pertamina juga mewaspadai adanya gangguan dan hambatan pada jalur distribusi BBM bersubsidi yang dapat merugikan masyarakat.

Untuk itu, Pertamina telah membentuk Posko Satgas BBM dan elpiji di Kantor Pusat dan seluruh Kantor Region Pertamina mulai 17 Mei hingga 30 Juni 2013 untuk memantau dan memastikan kehandalan pasokan BBM dan elpiji.

"Untuk memastikan keamanan dan kelancaran masyarakat dalam mendapatkan BBM bersubsidi, Pertamina juga berkoordinasi dengan Kepolisian RI dan TNI untuk pengamanan SPBU dan objek vital lainnya," tutur dia.


Sumber: Liputan6.com
Sekian: Jelang Kenaikan Harga, Aksi Borong Premium & Solar Kian Marak

0 komentar:

Posting Komentar