Jumat, 14 Juni 2013

Ekspektasi Inflasi Meningkat

PLASADANA.COM - Bank Indonesia mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Mei 2013 kembali mengalami deflasi sebesar 0,03 persen (month to month). Hal ini didorong oleh deflasi harga kelompok bahan makanan seiring membaiknya pasokan pangan.

Di sisi lain, inflasi inti tercatat pada level yang rendah yakni sebesar 3,99 persen dibandingan periode sama tahun sebelumnya. "Ini sejalan dengan harga komoditas global yang menurun, nilai tukar yang terjaga dan respons sisi penawaran yang masih memadai," ujar Direktur Departemen Komunikasi BI, Peter Jacobs, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (13/6).

Namun demikian, sambung dia, ekpektasi inflasi justru cenderung meningkat. Hal ini sejalan dengan tekanan harga barang/jasa yang diatur oleh Pemerintah (administered prices) terkait penerapan tarif tenaga listrik tahap II dan kelangkaan LPG.

"BI juga masih terus mencermati ekspektasi inflasi yang meningkat terkait dengan rencana kebijakan pengurangan subsidi BBM yang akan ditempuh pemerintah," papar Jacobs.

Ke depan, lanjut dia, selain memperkuat bauran kebijakan. BI juga akan meningkatkan langkah-langkah koordinasi dengan Pemerintah untuk mengendalikan ekspektasi inflasi yang cenderung meningkat.

"Menjaga pasokan bahan pangan dan memitigasi dampak lanjutan dari rencana kenaikan harga BBM," tandas Jacobs.


Sumber: PLASADANA.COM
Sekian: Ekspektasi Inflasi Meningkat

0 komentar:

Posting Komentar