Kamis, 20 Juni 2013

Beli ANTV, MNC Belanja Rp 4,9 Triliun

PLASADANA.COM - MNC Group menunjukkan ambisinya untuk menguasai bisnis media, terutama televisi, di Indonesia. Setelah menguasai tiga stasiun televisi terestrial dan jaringan televisi kabel Indovision, perusahaan milik Harry Tanoesoedibjo itu kini menguasai ANTV yang dimiliki grup Bakrie.

Reuters mengabarkan, MNC mengeluarkan dana US$ 500 juta atau sekitar Rp 4,9 triliun untuk membeli saham PT Cakrawala Andalas Televisi yang mengelola ANTV. Namun belum diketahui proporsi saham yang diambil alih MNC. "Transaksinya telah disetujui, namun perinciannya tengah dibahas," kata salah satu sumber.

Sumber tersebut mengatakan sebelumnya Bakrie berkeinginan untuk melepas PT Visi Media Asia atau Viva. Viva adalah anak usaha yang mengelola seluruh bisnis media Bakrie. Perusahaan ini membawahkan ANTV, TV One, serta situs berita Viva News. Namun Bakrie kabarnya masih ingin menguasai TV One, stasiun televisi khusus berita, lantaran kepentingan politik.

"TV One penting untuk mendukung upaya pencalonan Aburizal Bakrie sebagai presiden pada 2014," ujarnya.

Sedangkan sumber lainnya mengatakan penjualan ANTV akan digunakan Bakrie untuk merebut kembali aset dari mantan sekutu yang kini menjadi seterunya, Nathaniel Rothschild. Setelah bercerai dengan Rothschild dan Bumi Plc, Bakrie bermaksud merebut kembali sebagian saham PT Bumi Resources Tbk.

Saat dikonfirmasi, Group Director MNC  David Fernando Audy membenarkan adanya transaksi dengan Visi Media untuk pembelian ANTV. Kemungkinan seluruh proses akuisisi ini selesai pada akhir Juni 2013. Namun David enggan mengungkapkan transaksi tersebut secara mendetil.

Selain MNC, pemilik CT Corp, Chairul Tanjung, dikabarkan menawar seluruh media milik Bakrie yang dikelola Visi Media Asia. Chairul Tanjung kemungkinan membayar seluruh saham Bakrie secara tunai. Namun belum jelas nilai tawaran yang diajukan CT, sapaan akrab Chairul Tanjung.

Kepada Reuters, CT mengatakan ingin membeli unit perusahaan Bakrie tanpa seorang mitra pun. "Kantong saya masih tebal," ujarnya usai mengadakan pertemuan dengan Presiden RI di Bali.

Meskipun menjanjikan akan membayar secara tunai seluruh harga sahamnya, perjanjian jual beli antara CT Corp dan Bakrie Group belum selesai. Kata Chairul, pembelian Viva Media akan memperkuat posisinya sebagai pengusahan media terbesar di Asia Tenggara. Karenanya, ia berani melakukan pembelian sendiri.


Sumber: PLASADANA.COM
Sekian: Beli ANTV, MNC Belanja Rp 4,9 Triliun

0 komentar:

Posting Komentar