Selasa, 18 Juni 2013

3 Nutrisi Ajaib untuk Basmi Sembelit

3 Nutrisi Ajaib untuk Basmi Sembelit

Konstipasi atau sering diistilahkan sebagai sembelit atau susah buang air besar merupakan gangguan pencernaan yang sangat menyiksa dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Meski terkadang dianggap remeh, sembelit yang terjadi jangka panjang dapat berdampak buruk pada kesehatan, termasuk didalamnya bisa menyebabkan kanker.

Sembelit merupakan frekuensi buang besar yang tidak normal dengan intensitas yang lama dan disertai dengan rasa sakit yang mengganggu saat BAB.

Kekurangan cairan dan serat makanan merupakan penyebab utama terjadinya sembelit meski banyak faktor lain yang juga turut mempengaruhinya.

Nah, agar Anda terbebas dari penyakit yang satu ini, berikut ini adalah cara alternatif alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi sembelit:
Perbanyak Asupan Serat

Cara termudah untuk mengatasi sembelit adalah dengan meningkatkan serat. Asupan serat yang dianjurkan adalah sekitar 20-35 gram/hari. Untuk mendapatkan serat dalam jumlah yang cukup, cobalah konsumsi buah-buahan, sayuran, dan gandum.

Tetapi Anda harus waspada saat mengonsumsi serat, karena pemanfaatan yang berlebihan malah akan memperburuk konstipasi. Hal ini dapat diatasi dengan meminum air lebih banyak untuk membantu serat masuk ke dalam sistem pencernaan dengan lebih lancar.
Coba Herbal

Terapi herbal adalah pengobatan sembelit yang tertua, dan telah diterapkan dalam berbagai budaya di seluruh dunia. Umumnya obat pencahar herbal ini diramu dari bahan seperti biji rami, fenugreek, dan barley. Selain itu, senna, cascara segrada, dan tumbuhan lidah buaya juga dapat menjadi stimulan terapi sembelit.

Tetapi Anda harus waspada dalam terapi herbal ini, contohnya pada tumbuhan lidah buaya karena dapat menyebabkan kram. Selain itu, terapi herbal untuk sembelit memiliki efek samping saat berinteraksi dengan obat dan suplemen lain. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter dan ahli kesehatan sebelum menggunakan terapi herbal.
Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik di dalam usus yang bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Contoh probiotik adalah Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Sacchromyces boulardi. Probiotik cukup efektif untuk mengatasi sembelit. Biasanya probiotik ini tersedia dalam bentuk suplemen dan terkandung dalam beberapa jenis makanan, salah satunya yogurt. (dan)


Sumber
Sekian: 3 Nutrisi Ajaib untuk Basmi Sembelit

0 komentar:

Posting Komentar